EKONOMI KERAKYATAN

Ekonomi kerakyatan adalah bagian penting dari strategi pembangunan yang difokuskan pada tujuan pemberdayaan rakyat miskin dan lemah. Ekonomi kerakyatan bertujuan melakukan perubahan penting untuk membebaskan rakyat dari ikatan dan halangan, seperti tradisi, kepercayaan dan nilai-nilai yang sampai sekarang masih membelenggu serta merintangi kemajuan masyarakat.

Wilayah operasional ekonomi kerakyatan meliputi daerah rural, yaitu wilayah pedesaan dan kecamatan serta kantong-kantong kemiskinan di kota-kota besar.

Ekonomi kerakyatan dengan sentralnya industrialisasi pedesaan dan pilihan teknologi madya, memerlukan pengutamaan pendidikan yang bermutu tinggi di tingkat SD hingga SMP serta sekolah-sekolah kejuruan. Di tingkat kabupaten/kota diadakan sekolah Politeknik yang bertujuan menciptakan tenaga-tenaga profesional tingkat tinggi di segala bidang.

Ekonomi kerakyatan memerlukan topangan usaha penelitian dan pembangunan yang kuat, yang diisi atau didukung tenaga-tenaga terbaik di bidang riset dalam dan luar negeri.

Dalam pelaksanaan ekonomi kerakyatan dibentuk pusat-pusat informasi (information center) yang tersebar di tingkat kecamatan.

Untuk menjamin kelangsungan ekonomi kerakyatan, diperlukan peningkatan konsumsi masyarakat pedesaan, yang berarti memperkuat pasar dalam negeri.

Peran pemerintah dalam ekonomi kerakyatan sebagai fasilitator, khususnya dalam menyediakan infrastruktur (listrik), penyediaan kredit dan memberikan perangkat keras maupun lunak. Campur tangan pemerintah dalam bentuk peraturan dibatasi sampai seminimal mungkin.

Untuk melancarkan ekonomi kerakyatan dipilih teknologi madya yang memberikan produktivitas tenaga kerja yang jauh lebih tinggi daripada yang dihasilkan tenaga kerja di desa-desa sekarang, dapat menampung tenaga kerja sebanyak-banyaknya serta menghasilkan produk-produk bermutu baik dengan harga sangat murah.

Ekonomi kerakyatan sebagai gerak pembangunan tidak semata-mata berlaku bagi ekonomi, tetapi juga meliputi segala aspek kehidupan masyarakat. Ekonomi kerakyatan tidak hanya melakukan perubahan struktural di bidang ekonomi, namun diharapkan dan ditujukan mengadakan perubahan sosial, politik dan budaya.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *