Kopwantera Menerapkan Program Simpan Pinjam Kelompok

Memasuki tahun ke-13, kehadiran Koperasi Wanita Sejahtera (Kopwantera) yang beralamat di Taman Cikunir Indah, Jakamulya, Kota Bekasi semakin diterima masyarakat yang ada di wilayah berjuluk Kota Patriot itu.

Dengan modal kepercayaan dari anggota dan dikelola menerapkan sistem manajemen koperasi yang diperoleh melalui berbagai kegiatan pelatihan pengembangan koperasi, hasilnya Kopwantera yang awalnya hanya berasset puluhan juta, sekarang sudah memiliki asset per-31 Desember 2017 sebesar Rp. 4.440.131.349 berasal dari Simpanan Anggota dan Non Anggota (60,5%), Modal sendiri (21,2%), Pinjaman LPDB dan Dana Bergulir Pemkot Bekasi (9,4%), Dana-dana yang disisihkan (4,8%) dan Laba Bersih Koperasi (4,0%).

Pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-13 yang dilaksanakan pada 14 Januari 2017 di Auditorium Taman Margasatwa Ragunan – Jakarta Selatan dihadiri 204 orang anggota dari 270 anggota aktifnya dan undangan diantaranya Wakil Ketua Umum Dekopin Prof. Dr. H. Rully Indrawan, MSi, Ketua Induk Koperasi Wanita (INKOWAN) Dra. Hj. Endang Susanto, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi Drs. Rustadi, MM, Puskowan Jabar Fachrina Fahni dan Anna Suzana. Ketua Kopwantera Dra. Yatti Surtiyati Arief menyampaikan perkembangan koperasi Tahun 2017 secara kualitatif dan akan menerapkan program Simpan-pinjam kepada kelompok dengan melibatkan tenaga pendamping dalam setiap kelompoknya. Diharapkan Program ini dapat merekrut anggota sebanyak-banyaknya namun tidak ber-risiko. Program layanan Koperasi kepada kelompok ini akan diuji coba di tahun 2018 dengan sasaran masyarakat yang berdomisili di lingkungan kelurahan Jakamulya – Kota Bekasi.

Kegiatan lainnya yang dikembangkan Kopwantera yaitu Unit Simpan Pinjam dan Kemitraan dengan Melayani pinjaman Usaha, pinjaman Sembako dan Barang Sekunder dan menjalin Kemitraan dengan PT Beeholiday Mitra Usaha, melayani penjualan tiket pesawat dan paket tour, Kemitraan dengan Koperasi Nusantara melalui “Cooppay” melayani multipayment (pembayaran listrik, telpon, BPJS dan lainnya) dan Kemitraan dengan Koperasi Jasa Umroh dan Haji Indonesia (KUHINDO) melayani pemberangkatan Umroh bagi anggota koperasi.

Sedangkan untuk sarana dan prasarananya, Kopwantera di tahun 2017 lalu berhasil menambah satu lagi tanah dan bangunan sehingga total menjadi 3 unit di 3 lokasi, yaitu di Taman Cikunir Indah (kantor pusat), di Jl. H. Umar (disewakan) dan di Jl. H. Ilyas (disewakan).

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *